Selasa, 15 November 2011

Spesifikasi Stick Ahead

Kelebihan:
  1. Tahan lama
  2. Tangan tidak terasa sakit bila memukul keras
  3. Keseimbangan baik sekali
  4. Tip bisa diganti-ganti hingga menjadi mallet sekalipun
  5. Gaya!!!
Kekurangan:
  1. Suara ride cymbal terlalu 'washy' dan suara bell kurang nyaring
  2. Rebound kurang sehingga tangan cepat lelah jika memainkan jazz
  3. Harga mahal
Saya memiliki 2 jenis stick Ahead, yaitu ukuran 5A dan Lars Ulrich model. Keduanya telah saya miliki setahun yang lalu tetapi yang digunakan hanya ukuran 5A saja karena Lars Ulrich model hanya digunakan untuk bermain dengan drum pad (takut hancur). Kedua stick sangat berbeda, 5A ramping dan ringan, sedangkan Lars Ulrich model panjang, berat dan terlalu besar (ukuran 5B keatas).





Sticknya...
Pada beberapa bulan terakhir ini saya sering menggunakan stick Ahead 5A untuk tampil (Saya hanya punya sepasang 5A dan masih bertahan sampai sekarang), tetapi saya gunakan hanya untuk memainkan lagu-lagu rock. Jika digunakan memainkan musik jazz yang menggunakan banyak ghost note, maka tangan saya cepat menjadi lelah. Sepertinya karena stick itu tidak mempunyai pantulan yang baik. Tetapi ketahanannya luar biasa sekali.
Sadarkah anda pada saat memukul keras (dengan stick kayu) tangan anda terasa sakit. Itu terjadi karena pada saat stick itu 'mendarat' dia akan menghasilkan getaran yang cukup keras yang berbalik 'memukul' tangan anda. Jika terjadi terus-menerus maka tangan anda kan menjadi cepat lelah. Dengan Ahead stick sama sekali tidak ada getaran yang dihasilkan karena dia menggunakan sistem VRS (Vibration Reduction System).
Stick Ahead sebenarnya terbagi atas dua bagian, gagang dan badan stick yang mempunyai lapisan (cover)dan dapat diganti. Covernya terbuat dari plastik sintetik. Dibalik covernya adalah kerangka alumunium. Jika covernya sudah mulai hancur atau menipis sebaiknya covernya segera diganti sehingga tidak membuat kerangkanya tidak rusak. Pada setiap pembelian sepasang stick ahead diberi extra sepasang cover.
Dan yang paling unik yaitu tipnya dapat diganti-ganti, dari yang berbentuk oval, bulat sampai mallet.
Memukul drum dengan menggunakan stick Ahead mempunyai kenikmatan tersendiri. Karena stick itu tidak menghasilkan getaran yang menyakitkan, maka setiap pukulan yang dilakukan terasa empuk. Kontrol dengan menggunakan stick ini memang bagus sekali karena keseimbangan yang sempurna. Tetapi kenikmatan pada saat memainkan stick Ahead hanya bisa didapatkan jika anda memainkan musik rock.


Suara yang dihasilkan
Sepertinya dengan menggunakan stick Ahead melakukan rimshot menjadi sangat mudah. Suara yang dihasilkan pada drum memang keras tetapi suaranya kurang tajam, tidak seperti memukul dengan stick kayu. Jika anda memukul rimshot pada snare dengan stick kayu maka suara yang dihasilkan akan berbunyi "Thack!", tetapi dengan menggunakan stick Ahead akan berbunyi "Thuck!".
Suara pada ride cymbal, tepatnya pada badan cymbal, akan menghasilkan suara yang sangat washy, atau suaranya terlalu menyebar. Dan suara bell pada ride cymbal kurang nyaring.

Penutup
Memang, stick Ahead sepertinya agak susah dicari diIndonesia. Jika anda menemukannya disini mungkin harganya berkisar Rp 200.00.-an keatas. Harga di US $35. Sebenarnya hal yang paling saya suka ketika memainkan stick Ahead pada saat pertunjukan yaitu serasa lebih gaya, di lihat dari penampilan stick itu sendiri, elegan sekali.


semoga semua informasi ini berguna buat lo semua.... thanks buat kunjungannya jangan lupa mampir lagi.dan jangan lupa jempolnya(like mas bro) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar